Wednesday, June 17, 2015

Alat musik modern dan keterangannya

Kali ini akan membahas alat musik modern dan keterangannya, sebelumnya kita perlu mengetahui pengertian alat musik modern sehingga lebih detail. Alat musik modern adalah alat musik yang sudah mendapatkan sentuhan teknologi pada pembuatannya. Berbeda dengan alat musik tradisional yang pembuatannya dilakukan manual dengan bahan alam, pada alat musik modern bahan dan tehnik pembuatan semakin lama semakin mutakhir. Alat musik modern terus berkembang dan menghasilkan beberapa aliran musik modern seperti Rock, Pop, Jazz. Selain itu musik modern juga mudah di pahami oleh siapa saja.

Ada beberapa contoh alat musik modern di bawah ini.

1. Gitar.

Gitar elektrik dari namanya saja sudah tentu alat musik ini termasuk modern karena sudah menggunakan listrik dan dibuat dengan bahan-bahan berteknologi. Selain itu semua jenis gitar seperti gitar bas dan akustik pun termasuk alat musik modern

2.  Piano.
Piano bagian dari alat musik modern yang memainkannya dengan cara di tekan oleh jari. Alat musik piano ini cukup ekslusif karena harganya cukup mahal serta perawatannya lebih intens di banding alat musik lain. Pemain piano disebut dengan pianis.

3. Drum

Drum adalah alat musik perkusi yang masuk ke jajaran alat musik modern. Cara memainkannya dengan di pukul sehingga membentuk suara yang indah. alat musik ini sebenarnya sudah dikenal sejak jaman dahulu dimana drum di buat dari kulit, hingga saat ini drum bisa terbuat dari berbagai bahan termasuk plastik.

4. Biola

Pada alat musik ini dimainkannya dengan cara di gesek, pemainnya di sebut violin. "Biola adalah sebuah alat musik dawai yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar (G-D-A-E) yang disetel berbeda satu sama lain dengan interval sempurna kelima. Nada yang paling rendah adalah G. Di antara keluarga biola, yaitu dengan biola alto, cello dan double bass atau kontra bass, biola memiliki nada yang tertinggi."

5. Saxophone/ Saksofon

"Saksofon adalah instrumen yang masih tergolong dalam aerophone, single-reed woodwind woodwind instrument. Saksofon biasanya terbuat dari logam dan dimainkan menggunakan single-reed seperti klarinet. Saksofon umumnya dihubungkan dengan popular music, big band music dan jazz, tapi awalnya ditujukan sebagai instrumen orkestra dan band militer.

Saxophone berasal dari Belgia, dibuat oleh seorang pemain clarinet dan pembuat alat musik bernama Adolphe Sax pada awal tahun 1840. Sedangkan menurut penelitian Saxophone lahir pada tahun 1841, namun lebih tepat jika tahun kelahirannya adalah pada saat Sax mempatenkan ciptaannya itu pada tahun 1846. hak paten Sax mencakupi 2 keluarga Saxophone yaitu keluarga orkestra (in C dan in F) dan keluarga band (in Bb dan in Eb)."

Demikian alat musik modern beserta keterangannya yang bisa sobat jadikan pengetahuan.




Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit