Wednesday, September 24, 2014

Perbedaan Aki basah dan Aki kering

Aki merupakan komponen kendaraan yang penting karena dengannya kita bisa mudah menghidupkan kendaraan. Saat ini aki dibedakan jadi dua jenis yaitu Aki basah dan aki kering yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut perbedaan aki basah dan aki kering versi neng Anna.

Aki Basah:
Aki basah ini sudah sejak dulu digunakan sebagai komponen kendaraan terutama mobil dan motor. Perawatan aki basah lebih sering di bandingkan dengan perawatan aki kering karena harus lebih sering di cek terutama pada batas air aki. Aki basah jangan sampai cairanya melewati batas minimal agar bisa meredam sel-sel yang ada di dalamnya, karena itu harus rajin dicek setiap satu bulan sekali. Maka dari itu umumnya pada aki basah wadahnya transfaran sehingga kita bisa melihat voloume air aki di dalamnya.

Aki Kering :
Aki kering saat ini mulai populer dan banyak digunakan pada kendaraan keluaran baru karena penggunaan serta perawatannya lebih mudah di bandingkan dengan aki basah. Apabila pada aki basah isinya berupa air sedangkan pada aki kering isinya berupa jel. Pengecekan aki kering boleh dilakukan sekitar 3 bulan sekali untuk mengecek tidak ada arus yang bocor pada aki.

Harga:

Jika dilihat dari segi harga tentu aki basah memiliki harga lebih murah dibanding aki kering karena pada aki basah ketika sudah soak bisa di cas ulang. Berbeda dengan aki kering apabila ada kerusakan seperti arus over mesti diganti seluruhnya. Apabila Anda seorang yang rajin mengecek boleh memilih aki basah tetapi apabila Anda seorang yang malas mengecek pastikan memilih aki kering yang minim perawatan tetapi harga sedikit lebih mahal di banding aki basah.


Tips merawat aki kering (from kaskus):

Apabila aki kering Anda telah soak maka bisa diisi ulang berikut tahapannya: 
Persiapkan bahan baku berikut ini yaitu:
*. Accu Zuur, jangan sampai salah membeli.
*.Suntikan [beli yang biasanya dipake reffil tinta]

1. Ambil/copot dulu aki kering yang ada di box sepeda motormu. Perlu kamu ingat susunan kabel-kabelnya.
2. Buka tutup aki, biasanya ada 3 buah lubang dengan penutup dari karet.


3. Isikan Accu Zuur tadi kedalam aki kering kira-kira sampai 1 cm dari mulut lubang aki.
4. Tutup rapat-rapat kembali lubang aki,pasang ke box motor kamu dan pasangkan kembali kabel-kabelnya, jangan sampai salah ya.
5.Setelah semuanya terpasang rapi coba nyalakan motor sekitar 15 menitan sekiranya sampai mengisi.

NB :BIASANYA UNTUK AKI KERING BAWAAN SEPEDA MOTOR YANG MASIH ORIGINAL MASA HIDUPNYA BISA SAMPAI 3-5 TAHUN DAN BILA MATI DAN DI ISI ULANG LAGI BIASANYA MEMANG UDAH AUS/HANYA BISA UNTUK LAMPU SAJA.NAMUN UNTUK AKI KERING YANG BUKAN BAWAAN SEPEDA MOTOR YANG KITA BELI DI TOKO-TOKO SEPERTI GS YUASAMASIH SANGAT MUNGKIN UNTUK BISA DI PERBAIKI KARNA BIASANYA AKI INI BERTAHAN 1-2 THUN DARI PEMBELIAN JADI KUALITAS ELEMENYA MASIH BAGUS.

Apabila masih bingung boleh nanya ke bengkel terdekat :D


Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit