Wednesday, November 4, 2015

Tahapan Penting dalam Melakukan Analisa Saham


Jika anda memiliki keinginan untuk memulai bisnis investasi saham perusahaan, tentu harus ada beberapa tahapan yang anda lalui yakni melakukan analisis mengenai dunia saham. Pada dasarnya, melakukan proses analisa saham dapat dikatakan memiliki kesamaan dengan analisis perusahaan atau analisis bisnis. Proses analisa ini dapat dilihat dari beberapa lingkup kajian yang berbeda-beda yang juga bisa digunakan dalam menganalisis sistem perkembangan pada suatu perusahaan atau suatu bisnis tertentu, diantaranya dalah melalui:

Makro Ekonomi
Jika berbicara mengenai proses analisa saham serta perkembangan pada suatu perusahaan, tentu tak terlepas dari peranan perekonomian global di dunia. Kita perlu mengetahui kondisi terkini pada bidang perekonomian dunia, apakah tengah menghadapi krisis, atau sebaliknya. Hal ini biasa dikenal dengan istilah siklus ekonomi dunia yang seringkali bersifat fluktuatif. Belum lagi dengan pesatnya globalisasi, membuat kondisi pada suatu negara pasti berpengaruh terhadap negara lainnya. Untuk itu diperlukan pemikiran terbuka terhadap kondisi ekonomi secara umum dan keseluruhan (ekonomi makro).

Mikro Ekonomi
Jika kita sudah mengetahui tentang kondisi perekonomian secara global, coba persempit kajian analisa saham yang tepat pada konteks dalam negeri. Hal yang perlu diketahui adalah, berada di mana posisi ekonomi negara kita di mata global,serta industri dalam negeri mana yang berpotensi terus berkembang, ataupun sebaliknya. Jika anda ingin berencana untuk melakukan investasi saham, tentu pengetahuan ini perlu untuk dikaji karena hanya akan sia-sia belaka jika anda berinvestasi pada perusahaan yang nyatanya berpontensi mengalami penurunan perekonomian.
Analisis Perusahaan

Setelah mengetahui mengenai kondisi ekonomi dan industri perusahaan dalam negeri, tahap analisa saham yang harus dilakukan berikutnya adalah menentukan pilihan perusahaan investasi. Anda bisa menentukan perusahaan mana yang akan menjadi ladang investasi anda yang tentu harus berdasarkan pertimbangan analisis makro dan analisis mikro terlebih dahulu. Jangan lupa untuk melakukan analisis fundamental yang berfungsi untuk mengetahui latar belakang perusahaan yang akan anda pilih, serta analisis teknikal untuk mencari tahu waktu yang tepat bagi anda dalam melakukan pembelian saham di perusahaan tersebut.

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit