Thursday, November 12, 2015

Jenis Alat Musik Melodis dan Alat Musik Ritmis


Alat musik melodis merupakan jenis alat musik yang memiliki nada dan irama. Keberadaannya dalam sebuah lagu atau musik sangat penting karena berfungsi sebagai pengatur nada dan irama. Alat musik melodis dapat dibagi kedalam beberapa jenis berdasarkan cara pemakaiannya. Berikut penjelasan mengenai pembagian alat musik melodis: Pertama, jenis alat musik melodis yang digesek, seperti Biola. Biola merupakan alat musik dawai yang mempunyai empat senar yaitu G, A, D, E dimana keempat senar tersebut disetel secara berbeda satu sama lain. Nada G menjadi nada yang paling rendah dalam rentetan nada biola tersebut. Alat musik melodis sejenis biola lainnya adalah Cello, Double Bass dan Viola. Hampir semua alat musik memiliki kertas musik sebagai pedoman nada. Seperti Biola yang memiliki kertas musik yang sering ditulis dengan kunci G.

Alat musik melodis kedua adalah alat musik yang dipetik, gitar dan kecapi termasuk di dalamnya. Saat jaman Renaissance, keberadaan alat musik gitar tak cukup diperhitungkan atau kurang populer di kalangan masyarakat. Namun, dengan hadirnya Alonso Mudarra yang berani memperkenalkan alat musik gitar kepada masyarakat. melalui karya-karyanya, ia berhasil menarik perhatian masyarakat untuk mau mendengarkan musik dan belajar memainkan alat musik gitar. Seiring perkembangan jaman, di abad 17 atau pada masa Baroque, gitar ditambahkan menjadi lima dimana masing-masing dawai itu berpasangan. Dawai tersebut akan membantu pemain dalam memainkan musik yang lebih kompleks. Selain gitar dan kecapi, alat musik melodis yang digesek lainnya adalah Mandolin dan Sasando.

Ketiga, alat musik melodis yang cara memainkannnya ditekan, contohnya piano dan akordin. Piano merupakan alat musik yang lahir dari keinginan untuk menggabungkan keindahan nada antara clavichord dan harpsichord. Hasilnya, ketiga orang bernaman Marius (1716), Schroter (1717), dan Chistofori (1720) secara berturut-turut mencoba membuat dan mengembangkan piano. Namun, hasil yang memuaskan lebih terlihat oleh Bartolomeo Christofori yang menampilkan piano dengan utuh dan lengkap. Keempat, jenis musik melodis yang ditiup, seperti pianika, recorder dan seruling. Pianika merupakan alat musik yang sebenarnya dimainkan dengan cara ditekan, namun harus ditiup terlebih dahulu. Sedangkan seruling merupakan alat musik asli Indonesia tepatnya berasal dari Jawa Barat.Kelima, ialah alat melodis yang dihisap seperti harmonika. Alat musik harmonika bisa dibilang alat musik yang mudah dimainkan, karena hanya dengan menghisap dan meniupnya akan mengeluarkan suara yang merdu.

Selain alat musik yang harmonis, terdapat juga alat musik ritmis sebagai pelengkap melodis dalam alunan musik. Alat musik ritmis merupakan alat musik yang tidak memiliki nada namun tetap memilki peran penting dalam sebuah musik. Alat musik ritmis meliputi Kungo, merupakan alat musik terbuat dari kayu yang memiliki bentuk hampir sama seperti kendang. Kedua, Marakas yang memiliki bentuk seperti botol boling dan diisi dengan butiran-butiran kecil yang akan menghasilkan alunan musik, namun tetap tidak bernada. Ketiga, Tamborin yang merupakan alat musik ritmis terbuat dari kayu berbentuk lingkaran dan dilapisi kulit hewan. Di sepanjang sisinya terdapat logam yang dipasang rangkap dan akan menghasilkan lantunan musik. Cara memainkan alat musik yang satu ini dengan cara dipukul dan digoyang-goyang sehingga menghasilkan bunyi yang selaras. Itulah sekilas informasi mengenai jenis-jenisalat musik melodisdan alat musik ritmis yang menjadi bagian penting dalam sebuah alunan musik.
Rekomendasi: id.yamaha.com
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit