Monday, October 5, 2015

Musik Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional

Selama ini, kita selalu diajarkan oleh masyarakat untuk lebih mementingkan kecerasan intelektual ketimbang kecerdasan emosional. Masyarakat pada umumnya berpikir bahwa orang yang pintar adalah orang yang pemikir, bukan yang perasa. Padahal, sesungguhnya tidak seperti itu. Orang yang memiliki kecerdasan intelektual tinggi, namun kecerdasan emosinya rendah, akan menjadi orang yang dingin tanpa empati dan tidak bisa bersosialisasi dengan benar. Apakah Anda setuju bahwa ini jenis orang yang lebih baik? Tentu tidak. Orang dengan kecerdasan emosional rendah rentan berlaku kriminal karena minimnya empati dan tidak mampu memahami dirinya sendiri, apalagi orang lain, dengan benar. Jadi, penting untuk juga menyeimbangkan sisi emosional pada diri tiap-tiap orang.

Peran Musik dalam Kecerdasan Emosional
Rutin mendengarkan musik atau bahkan memainkan alat musik bisa membuat Anda lebih peka. Mengapa? Karena dengan mendengarkan lirik lagu, Anda seolah bisa merasakan apa yang dirasakan dan dialami oleh si penulis lagu. Anda akan terhanyut di dalamnya dan mencoba untuk menelaah dan memahami emosi dari lagu tersebut, apakah sedih, marah, kecewa, bahagia, dan sebagainya. Inilah yang membuat kecerdasan emosional Anda meningkat. Tak jarang, Anda ikut menangis bukan ketika mendengar lagu sedih, seolah emosi di dalamnya benar-benar dirasakan oleh Anda sendiri sang penyanyi? Itu lah yang mengasah sisi emosional di dalam diri Anda.
Baca juga artikel lainnya tentang alat musik modern dan cara memainkannya

Menggunakan Musik Sebagai Pengasah Emosi
Biasakan untuk mendengar musik dengan lirik yang memiliki makna ganda atau metafor. Dengan begitu, Anda akan mampu menelaah tiap-tiap makna terpendam dalam segala sesuatu dan mulai belajar untuk tidak tertipu apa yang tampak di luar. Lagu-lagu dengan lirik “dalam” dan sarat emosi akan menempa Anda untuk peka terhadap apa yang dirasakan orang lain, dan juga diri Anda sendiri. Pernahkah Anda mendengarkan lagu dan merasa bahwa lirik di lagu tersebut sangat pas menggambarkan keadaan emosional Anda sekarang ini? Jika sering, itu akan membantu Anda untuk mulai memahami emosi terpendam di dalam diri. Secara otomatis, kecerdasan emosional akan meningkat beberapa poin.


Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit