Tuesday, September 1, 2015

Untuk menjadi drummer hebat tak harus berlatih setiap hari

Menjadi drummer ternama adalah impian semua drummer, tak ada yang lebih diinginkan seorang drummer kecuali popularitas dan kesempatan tampil bersama musisi kelas dunia. Untuk mencapai tahap ini tentunya dibutuhkan ketekunan dan konsistensi dalam berlatih, bahkan ada yang menyarankan untuk berlatih setiap hari demi meningkatkan kemampuan bermain. Tapi benarkah demikian? apakah benar drummer yang berlatih setiap hari dapat merengguk kepopuleran lebih cepat dibanding mereka yang berlatih tiga hari sekali atau bahkan sepekan sekali?


Ternyata tidak juga, menurut beberapa drummer berlatih setiap minggu akan membantu kalian maju lebih cepat daripada jika berlatih setiap hari. Ini tak beda dengan latihan angkat beban, bukankah mereka juga tidak dianjurkan untuk melakukan angkat beban setiap hari? itu karena binaragawan perlu untuk beristirahat sehari setelah latihan. Mengapa? Karena istirahat dapat meremajakan kembali otot mereka, nah otak kita mirip dengan ini. Ketika otak, tubuh dan hati dibebaskan dari segala beban maka seluruh tubuh akan merasa rileks dan siap digeber kembali setelah cukup beristirahat.
Baca juga mengenai contoh alat musik modern
Ini berbeda ketika kalian berlatih setiap hari dengan target yang juga bersifat harian, otak dan tubuh kalian hanya punya waktu beristirahat sebentar tanpa pernah otak merasakan relaksasi akibatnya kalian akan mudah stres. Ketika mengalami kondisi ini jangan paksakan tubuh dan otak untuk bekerja, sebab pemaksaan hanya akan membuat kalian lebih banyak melakukan kesalahan dan lebih dan lebih frustrasi karena otak miskin kalian tidak pernah diberikan istirahat yang memang sangat membutuhkan. Para pakar menyarankan hanya berlatih hanya 4 hari seminggu.

Kalian pun bisa mendapatkan waktu istirahat hingga tiga hari yang dianggap cukup untuk memulihkan tenaga dan pikiran, ketika kalian sudah membeli drum dan melihatnya setiap hari dirumah coba enyahkan pikiran berlatih, sebaliknya doronglah diri kalian untuk rileks tidak memikirkan apapun selain bersantai. Cobalah pergi keluar dengan teman-teman untuk membunuh perasaan ingin bermain drum. Setelah merasa rileks dan badan kembali segar mulailah melakukan latihan dan pemanasan dengan bermain dalam tempo lamban. Jangan bosan melakukan ini karena pemanasan bisa menjadi penentu berhasil tidaknya kalian menguasai sebuah materi.

Usahakan tidak melakukan latihan secara berlebihan alias diforsir, latihan seperti ini hanya akan menimbulkan cedera dan juga membuat tubuh dan otak kalian mudah letih. Santailah, bebaskan pikiran kalian dari semua beban dan bermainlah dengan perasaan gembira. Bermain dengan pikiran penuh target hanya akan membuat lelah, frustasi dan tidak sabaran. Percayalah kalian akan menjadi drummer hebat pada waktunya
referensi: id.yamaha.com

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit