Thursday, September 10, 2015

Tips Merawat Biola Kesayangan

Biola adalah salah satu alat musik gesek yang bisa dikatakan “mahal” karena harganya dan latihannya. Dengan memiliki sebuah biola atau bahkan lebih dari 1 buah, anda pun harus menjaga dan merawatnya dengan baik dan benar. Sehingga, intrumen musik biola ini tidak akan tertelantarkan dan rusak termakan oleh waktu. Oleh karena itu, artikel ini menyuguhkan tips dan trik merawat dan menjaga biola kesayangan. Hal ini bisa jadi sangat berguna dan membuat anda menjadi lebih mudah dalam menjaga kondisi biola kesayangan supaya selalu tampil baru meskipun berumur. Informasi tersebut dapat anda temukan di beberapa ulasan berikut ini.

Cara membersihkan biola yang tepat
Dalam merawat biola, anda perlu mengetahui bahwa membersihkan kotoran, debu dan noda pada biola adalah hal penting. Oleh karena itu, pembersihan secara berkala dan terutama saat anda tidak memakai alat musik gesek ini sangat wajib untuk dilakukan. Lebih baik lagi, anda membersihkan biola setelah pemakaian pada bagian bodi, senar, bridge, rosin dan bow. Faktanya, ada sebuah cairan khusus yang digunakan untuk membersihkan biola. Hal ini sangat disarankan karena cairan ini tidak akan merusak permukaan dan kualitas biola kesayangan anda. Anda sebaiknya menghindari pemberihan sembarangan. Penggunaan air pun tidak disarankan. Akan lebih baik menggunakan lap halus yang tidak menggores permukaan.

Cara menyimpan biola dengan baik dan benar
Penyimpanan yang baik dapat membuat alat musik gesek ini menjadi lebih terawat dan terhindar dari kerusakan. Lebih baik, anda menyimpan biola kesayangan dalam tempat yang memiliki suhu ruang (25 derajat celcius), tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembab. Oleh karena itu, anda disarankan untuk mengeluarkan biola ini dari hardcasenya. Kemudian, anda perlu menggantungkan biola tersebut dengan posisi lengan biola di atas. Seperti pada gitar, anda perlu mengendorkan senarnya jika anda tidak menggunakan instrumen gesek ini dalam waktu yang lama. Dengan demikian biola kesayangan selalu tampil prima, terlihat baru dan memiliki masa pakai yang lebih lama.

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit