Tuesday, September 1, 2015

Perbedaan Antara Apresiasi Musik dan Performa Musik

Jika Anda berencana mendaftar ke sekolah musik, atau ingin memasukkan si kecil ke tempat pendidikan musik, penting untuk diingat bahwa dalam memilih minat, tidak hanya difokuskan pada jenis alat musik apa saja yang dimainkan dan jenis musik apa yang akan dipelajari, tetapi juga pilihan antara apresiasi dan performa. Dalam pendidikan musik formal, konsentrasi tersebut wajib untuk dipilih dan keduanya memiliki jenis yang berbeda. Pilihan konsentrasi yang Anda pilih akan memberikan jenis bidang berbeda yang Anda atau anak Anda geluti nantinya. Sebelum memilih, kenali dulu perbedaanya.

Apresiasi Musik
Pengertian apresiasi musik yaitu kesadaran terhadap seni dan budaya terutama musik / apresiasi musik adalah mengajarkan orang orang apa maksud mendengarkan musik dan mengapresiasikan berbagai jenis musik. Dalam apresiasi musik, pelajaran yang ditekankan lebih ke teori alih-alih prakte. Anda akan diminta  untuk mendalami berbagai aliran musik klasik, berbagai jenis musik, berikut pencipta-penciptanya. Anda diminta untuk lebih sensitif dalam mendengarkan musik dan bisa membedakannya hanya dari ketukan dan notnya. Bidang apresiasi musik di dalam sekolah musik biasanya akan diarahkan untuk menjadi tenaga ahli dan pengajar. Tentu saja Anda juga akan diajari cara memainkan alat musik, tetapi tidak mendalami dan bukan untuk sebagai musisi profesional. Banyak orang yang menganggap bidang ini lebih menjanjikan ketimbang performa musik, karena karir menjadi tenaga pengajar akan lebih stabil dengan pendapatan yang tetap dibandingkan dengan menjadi musisi.

Performa Musik
Pada bidang ini, Anda akan dilatih untuk menjadi musisi profesional yang dapat tampil di berbagai panggung. Anda akan diminta untuk menonjolkan bakat Anda di bidang musik dan membuat penonton terpukau. Dalam hal ini, praktek lebih ditekankan ketimbang teori. Jika Anda memang benar-benar berbakat dalam memainkan salah satu alat musik dan berambisi untuk menjadi musisi, pilihan performa musik lebih dianjurkan ketimbang apresiasi musik. Selain itu, dalam sekolah musik, biasanya konsentrasi performa musik juga menekankan cara tampil di atas panggung dan memimpin orkestra, bukan hanya berada di balik alat musik dan memainkannya.
Dari kedua pilihan di atas, Anda bisa mulai menentukan pilihan apa yang sebaiknya diambil berdasarkan minat dan bakat Anda di bidang musik.

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit