Monday, August 31, 2015

Kronologis Perjalanan Musik dan Alat Musik Tradisional dari Thailand

Masih ada perdebatan mengenai asal usul musik tradisional Thailand hingga terbentuklah kedua kubu yang memegang keyakinan mereka masing-masing mengenai asal usul musik tradisional  dari Thailand. Kubu yang satu percaya bahwa musik Thailand berakar dari musik India yang memang pengaruhnya menyebar luas di Asia sedangkan kubu yang lain percaya bahwa musik tradisional Thailand diciptakan sendiri oleh orang Thailand. Untuk mengetahui mengenai musik tradidional Thailand serta alat musik tradisional yang ada di Thailand, baiknya kita mengikuti perjalanan sejarah musik tradisional beserta alat musik tradisional Thailand itu sendiri.

Sejarah Perjalanan Musik Thailand
Sebenarnya ada bukti tertulis yang menjelaskan mengenai musik tradisional Thailand yang perkembangannya sejalan dengan perkembangan alat musik tradisionalnya sendiri. Bukti tertulis tersebut berasal dari era Sukhotai yaitu dari tahun 1238 hingga tahun 1438. Era ditulisnya bukti perkembangan musik tradisional Thailand adalah setelah era penemuan alfabet Thailand yaitu dari tahun 1279 hingga tahun 1299 oleh raja Ramkhamhaeng. Mari kita lihat kronologis dari perkembangan alat musik dan musik tradisional negara Gajah Putih ini.

Kronologis Perjalanan Musik Tradisional Thailand
Awal dari perjalanan perkembangan ini dimulai pada era Sukhotai sesuai bukti tertulis yang ada yaitu dari tahun 1238 hingga tahun 1438. Pada era tersebut musik thailand masih sangat sederhana dan hanya dimainkan menggunakan alat musik sederhana saja yaitu biola, drum dan juga gong.
Memasuki era Ayutthaya yaitu dari tahun 1350 hingga tahun 1767, terciptalah alat musik tradisional yang baru yaitu cha-Khe dan juga rammana sehingga membuat musik tradisional Thailand semakin berkembang dan membuatnya populer pada zaman tersebut. Saking populernya, musik-musik rtersebut sampai dinyanyikan oleh orang-orang yang berada di istana raja yang akhirnya mengganggu kenyamanan raja dan keluarganya sehingga raja mengeluarkan titah untuk melarang musik tersebut di lingkungan istana baik dinyanyikan maupun dimainkan.

Perjalanan musik tradisional Thailand ini berlanjut ke era Rattanakosin I yaitu dari tahun 1782 hingga tahun 1868. Pada zaman ini, musik tradisional Thailand balik ke era sebelum Ayutthaya, hanya saja alat musik yang digunakan lebih banyak. Namun masa kejayaan musik tradisional Thailand adalah pada era raja Rama II karena sang raja sangat mencintai dan fans sejati musik tradisional negaranya juga sangat berbakat memainkan alat musik tradisional Thailand, terutama Sam Sai.
Sekarang musik tradisional hampir punah karena masuknya musik modern dan generasi muda sekarang pun menyukai musik Thailand yang modern. Hanya sedikit orang yang masih mempertahankan warisan budaya nenek moyang mereka ini.
referensi alat musik: id.yamaha.com
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit