Wednesday, August 19, 2015

Bisnis Daring Kian Pesat, Omzet Pengiriman Barang Meningkat

Pertumbuhan bisnis daring atau bisnis online di Indonesia kini kian pesat. Pertumbuhannya mencapai 150 hingga 200 persen per tahun. Ternyata, semakin berkembangnya bisnis daring juga memberikan pengaruh hebat untuk perusahaan jasa pengiriman barang.
Sebanyak 30 hingga 40 persen pendapatan yang diterima jasa pengiriman barang berasal dari bisnis online. Alasan itulah yang membuat perusahaan jasa pengiriman memandang penting bisnis online shop.

Dalam hal pengiriman barang, sebuah fakta menyebutkan, perusahaan jasa pengiriman barang tidak ada yang mendominasi. Jasa pengiriman barang populer hanya menguasai 15 hingga 17 persen pasar seperti REX.
Pesatnya bisnis online juga membantu dalam hal perputaran uang di perusahaan jasa pengiriman. Pasalnya bisnis online yang mempertemukan antara perorangan membuat perputaran uang jadi lebih cepat.
Berbeda dengan pengiriman barang antar perusahaan yang baru bisa melakukan pembayaran di akhir. Individu yang mengirim barang untuk bisnis online akan bayar di muka sehingga perputaran uang membantu perusahaan pengiriman barang.

Meski begitu, di balik peluang besar pesatnya bisnis online, perusahaan jasa pengiriman barang masih merasakan hambatan usaha dalam hal distribusi barang di Indonesia. Infrastruktur dan jaringan wilayah timur Indonesia masih sulit untuk dijangkau. Kalaupun ada layanannya, pasti biayanya juga lebih mahal.
Selain itu, regulasi, kemajuan teknologi yang pesat, dan perubahan harga bahan bakar juga kerap menjadi hambatan untuk perkembangan perusahaan jasa pengiriman barang.
Maka dari itu, perusahaan jasa pengiriman barang harus pintar-pintar mengelola pendistribusian untuk mencegah kerugian akibat pengiriman barang tersendat. Jika pengelolaannya tidak bagus, hal ini juga akan mempengaruhi perkembangan bisnis online.

Perusahaan jasa pengiriman barang harus selalu melakukan inovasi, baik dalam pelayanan, harga, dan rute pendistribusian barang agar selalu diminati dan dipercaya oleh para pebisnis online. Biasanya para pebisnis online akan memilih perusahaan jasa pengiriman barang yang sudah populer, memiliki rute pengiriman paling lengkap, pengemasan rapi, tersedia layanan tracking, biaya yang relatif murah, dan terdapat asuransi untuk mengantisipasi barang hilang atau mengalami kerusakan.
Perusahaan jasa yang terus berinovasi dalam layanan secara otomatis akan memikat para pebisnis online. Sudah pasti omzet perusahaan pun akan terus meningkat dengan datangnya para pebisnis online. Dengan begitu,  baik bisnis online atau perusahaan jasa pengiriman barang akan saling menguntungkan, terutama dalam hal kontribusi pendapatan.

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit