Thursday, June 25, 2015

Pentingnya Menjaga Kualitas Busur Biola Anda

Alat musik biola mempunyai beberapa bagian dan juga instrumen tambahan yang tentunya sangat dibutuhkan untuk bisa memainkan alat tersebut guna menghasilkan nada-nada yang sempurna. Salah satu diantaranya adalah busur biola atau yang dalam bahasa Inggris lebih dikenal dengan nama violin bow. Busur ini merupakan satu instumen tambahan yang nantinya digunakan untuk menggesek senar-senar biola untuk menghasilkan nada. Berbeda dengan senar-senar tersebut, busur ini selain menggunakan kayu sebagai bahan utamanya juga menggunakan berhelai-helai rambut kuda dengan kualitas tinggi. Jenis rambut kuda yang paling sering digunakan dalam membuat busur ini adalah rambut kuda jantan dengan warna putih.

Mengapa Anda Perlu Menjaga Kualitas Busur Biola?
Sama seperti alat musik biola itu sendiri, busur biola merupakan satu bagian yang juga harus Anda jaga kualitasnya. Jika tidak dijaga kualitasnya, bisa jadi suara yang dihasilkan dari gesekan helai-helai rambut pada busur biola dan juga senar-senar biola itu sendiri tidak akan semerdu biasanya. Terlebih lagi, sangat mungkin bagi helai-helai rambut dari buntut kuda itu untuk kehilangan kualitasnya sehingga lama-kelamaan akan rusak. Bahkan, ada juga kemungkinan untuk rambut-rambut tersebut putus saat Anda sedang memainkan biola kesayangan Anda. Hal-hal semacam ini tentunya tidak Anda inginkan bukan?

Cara Mudah Mejaga Kualitas Busur Biola
Jika Anda ing in menjaga kualitas dari busur alat musik biola, sebenarnya Anda bisa melakukannya dengan cukup mudah. Alat yang digunakan untuk menjaga kualitasnya biasa disebut dengan gala atau yang lebih dikenal dengan sebutan rosin dalam bahasa Inggris. Biasanya gala ini sudah didesain sedemikian rupa sebagai salah satu peralatan perawatan biola. Cara menggunakannyapun sangatlah mudah. Anda hanya perlu menggesekkan gala tersebut pada senar busur. Tujuannya adalah untuk menjadikan cengkraman senar menjadi lebih stabil dan juga membuat senar  tersebut tidak mudah lepas dari kayu busurnya. Rosin semacam ini juga tidaklah sulit untuk ditemukan karena Anda bisa membelinya di toko yang khusus menjual biola atau di toko alat musik yang lengkap.


Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit