Thursday, June 11, 2015

Pentingkah Sarung Tangan Bagi Drummer?

Drummer pemula yang belum terbiasa memegang stik pasti akan mengalami sakit ketika pertama kali memainkan stik untuk dipukul ke snare drum. Hal ini wajar terjadi karena drummer pemula memang belum terbiasa memukul dengan benar. Ada yang menyiasatinya dengan cara menggunakan sarung tangan ada pula yang tetap bermain hingga jarinya memar.

Sebenarnya penggunaan sarung tangan untuk tujuan melindungi jari dari luka atau kapalah tidaklah benar. Sebeb pernah terjadi beberapa kasus yang memperlihatkan tangan seorang drummer tetap kapalan meskipun sudah menggunakan sarung tangan. Cedera dan kapalan pada jari bukan disebabkan karena tiadanya penggunaan sarung tangan melainkan cara memegang stik yang tidak tepat.

Penggunaan sarung tangan memang akan melindungi jari kalian dari cedera dan luka namun sifatnya hanya sementara, kecuali jika kalian selamanya ingin menggunakan sarung tangan. Asal tahu saja sebagian besar drummer professional tidak menggunakan sarung tangan. Jika kalian masih pemula dan langsung belajar drum dengan memakai sarung tangan maka pembelajaran kalian akan lebih lama.

Bayangkan misalnya pemakaian sarung tangan dilakukan selama tiga bulan, maka tiga bulan setelahnya apa yang akan kalian lakukan? Melepaskan sarung tangan itu dan mencoba bermain tanpa sarung tangan? Niscaya kalian akan tetap kapalan. Daripada bersikukuh menggunakan pelindung tangan sebaiknya kalian cari informasi yang benar tetang cara menggunakan stik.

Teknik memegang stik yang benar bisa kalian contoh dari drummer-drummer kawakan macam Steve Smith, Johnny Rabb, Dave Weckl, Neil Peart dan Dom Famularo. Beli drum dan tonton video mereka bermain maka kalian akan tahu bagaimana cara memainkan stik dengan benar dan terhindar dari cedera atau kapalan.

Rekomendasi alat musik : id.Yamaha.com
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit