Sunday, June 14, 2015

Bermain Drum dengan Benar dan Baik

Drum merupakan salah satu alat musik yang paling di gemari di Indonesia. Biasannya drum ini dimainkan oleh kaum adam tapi rupanya kaum hawa jaman sekarang pun tidak mau kalah dan sudah ada beberapa musisi wanita yang bisa memainkan alat musik ini salah satunya adalah Titi Schumann. Drum bisa dimainkan untuk semua jenis musik dari pop sampai musik  heavy metal. Dalam artikel kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara bermain drum yang baik dan benar.

Cara Memegang dan Memukul Drum
Dalam bermain alat musik drum sangatlah penting untuk menguasai cara memegang stik drum dan cara memukulkan stik drum itu agar terdengar suara yang enak. Untuk memegang stik drum dengan benar maka ada dua tenik yang bisa anda lakukan yaitu teknik match grip dan teknik tradisional grip. Teknik match grip gigunakan oleh para drummer profesional sedangkan teknik tradisional grip digunakan untuk lagu-lagu yang lembut atau soft seperti musik swing atau jazz.

Untuk memukul drum ada beberapa teknik seperti teknik rim shot dimana anda memukul bagian tepinya atau bagian rimnya juga selain bagian tengahnya. Dengan teknik ini suara yang di hasilkan pun akan berbeda tapi anda perlu berhti-hati karena teknik ini juga bisa menyebabkan stik drum menjadi lebih mudah patah.

Cara  Menginjak Hi Hat Drum dan Pedal Drum
Dalam bermain alat musik drum bukan hanya memukul drum ataupun cara memegang stik yang baik dan benar yang perlu anda ketahui tapi juga cara menginjak hi hat dan pedal drum. Teknik inipun dibagi menjadi dua yaitu menggunakan ujung kaki dan teknik pedal flat. Teknik yang menggunakan ujung kaki akan menyebabkan suara yang lebih keras dan cocok unutk lagu bertempo cepat seperti musik rock sedangkan pedal flat merupakan teknik yang dipakai pada lagu0lagu yang slow atau santai karena kaki akan menempel pada pedal drum tersebut.

Ada pati pernah mendengar double pedal. Double pedal berarti jumlah pedal drumnya ada dua dan biasanya digunakan pada musik-musik heavy metal atau rock. Double pedal bisa dimainkan dengan teknik heel up dan heel down tapi heel up yang paling tepat. Permasalahannya adalah biasanya suara yang dihasilkan berbeda antara pedal kanan dan kiri tapi itu bukan menajdi sebuah masalah.

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit