Sunday, June 7, 2015

Balalaika: Alat Musik Dengan Desain Unik Dari Rusia

Saat Anda melihat alat musik balalaika, mungkin Anda akan berpikir bahwa alat ini adalah gitar dengan bentuk yang aneh. Memang, sepintas alat ini memang mirip dengan gitar dengan ukuran yang sangat besar. Akan tetapi, sebenarnya ini adalah alat yang berbeda dengan gitar walaupun sama-sama termasuk ke dalam kategori instrumen petik atau instrumen senar. Lantas, dibagian manakah alat ini berbeda dengan gitar yang banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari itu? Mari kita bahas sedikit lebih lanjut tentang alat ini.

Perbedaan Utama Balalaika Dengan Gitar
Jika ditanya tentang perbedaan utama alat musik balalaika dengan gitar, sebenarnya ada beberapa bagian yang bisa kita perhatikan. Bagian pertamanya adalah bentuk atau desainnya. Karakteristik utama dari desain balalaika terletak pada bentuk segitiga dengan ukuran yang beragam dari kecil hingga besar yang disambung dengan tangkai yang cukup mirip dengan tangkai gitar. Karena bentuknya yang cukup unik inilah diperlukan teknik khusus untuk bisa memainkan alat asal Rusia yang satu ini. Terkadang, untuk memainkan balalaika dengan ukuran yang cukup besar pemain diharuskan untuk menggunakan semacam besi kecil penyangga pada bagian ujung segitiga bagian bawah sehingga mereka tidak terlalu repot menyangga alat tersebut.

Perbedaan lain yang juga perlu untuk Anda ketahui terletak pada jumlah senar pada tangkai balalaika. Jika jumlah senar gitar pada umumnya dalah 5 buah, balalaika hanya mempunyai 3 buah senar saja. Ini tentu saja merupakan perbedaan yang cukup menonjol bukan?

Asal Mula Balalaika
Mengenai asal mula dari alat musik yang bernama balalaika ini, sebenarnya tidak ada catatan sejarah yang pasti kapan alat ini ditemukan untuk pertama kalinya dan oleh siapa. Catatan yang paling mendekati mengatakan bahwa pada awalnya alat ini merupakan bentuk modifikasi dari domra yang juga adalah alat untuk bermain musik yang berasal dari Rusia.  Pertama kali ditemukan, balalaika tertua mempunyai ukiran yang terlihat semacam inisial JFS. Mungkin saja ini adalah inisial dari pemilik alat tersebut atau nama kelompok musik di mana alat tersebut pertama kali dimainkan.
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit