Friday, May 29, 2015

Tips Mendesain Poster Komersial

Poster memiliki banyak sekali kegunaan. Biasanya orang-orang menggunakan poster untuk tujuan pribadi, pembelajaran, atau pun komersial. Untuk hal komersial, poster adalah salah satu media atau sarana paling efektif. Poster dapat diletakkan di berbagai tempat dan didesain sesuai selera. Mencetak poster bukan hanya soal gambar yang menarik saja. Mendesain poster untuk hal komersial memerlukan beberapa trik tertentu. Cetak poster buana untuk hal komersial haruslah memenuhi beberapa syarat periklanan agar tujuan dan maksud poster tersebut tersampaikan. Ada beberapa tips dalam mendesain poster komersial yang dapat anda simak berikut ini.

Gambar atau Ikon dalam Poster
Saat mencetak poster untuk tujuan komersial berarti anda bermaksud untuk mengiklankan atau menjual suatu produk atau jasa pada masyarakat. Maka dari itu, gambar atau ikon yang dapat mewakili produk atau jasa yang anda tawarkan merupakan elemen penting dalam cetak poster untuk tujuan komersial. Pilih atau buatlah gambar atau ikon dengan kualitas gambar yang baik atau high definition. Hal ini untuk menghindari pecahnya gambar saat dibutuhkan pengaturan ukuran saat mencetak poster. Selain itu, pastikan anda membuat gambar atau ikon yang sesuai dengan produk atau jasa anda. Buatlah desain gambar semenarik mungkin dan warna yang tepat. Ukuran gambar dalam poster sebaiknya jangan terlalu kecil ataupun terlalu besar. Yang penting gambar tersebut jelas dan tidak menutupi tulisan pada detail poster.

Tulisan dan Detail Dalam Poster
Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum cetak poster untuk tujuan komersial adalah mendesain tulisan dan detail yang akan di letakkan pada poster. Tulisan dan detail adalah elemen yang akan memberi penjelasan pada produk atau jasa yang anda tawarkan. Tulisan judul biasanya memiliki ukuran yang lebih besar daripada tulisan detail yang lain dalam poster. Beberapa orang juga memilih warna font yang berbeda untuk judul agar lebih mencolok. Untuk tulisan dalam poster sebaiknya pilih ukuran yang masih dapat terbaca dalam jarak 2-3 meter. Minimal ukuran font kira-kira 20. Untuk jenis font, anda dapat memilih sesuai selera, namun pastikan font tersebut akan membuat tulisan jelas dan mudah dibaca.
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit