Friday, May 15, 2015

Kesenian Musik Tradisonal Gamelan.

Pastinya anda pernah mendengar tentang kesenian tradisional yang satu ini. Gamelan memang umum dipertunjukkan di berbagai kesenian tradisional beberapa suku yang ada di Indonesia seperti Jawa, Bali, Banjar dan sebagainya. Anda mungkin sudah mendengar atau melihat pertunjukan kesenian gamelan yang menggunakan berbagai macam alat musik yang menghasilkan harmonisasi nada yang indah tapi apakan anda mengetahui sejarahnya dan jenis-jenis gamelan yang ada di Indonesia? Dalam artikel kali ini saya akan membahas mengenai kesenian musik tradisional gamelan ini.

Sejarah Gamelan
Sebagian besar kesenian musik tradisional yang ada di Indonesia di pengaruhi oleh budaya Hindu dan Budha yang masuk ke Indonesia beribu-ribu tahun yang silam termasuk kesenian gamelan. Instrumen atau alat musik yang dipakai dalam kesenian gamelan bentuknya dikembangkan pada zaman kerajaan Majapahit hingga mempunyai bentuk seperti yang kita lihat sekarang ini.  Sedangkan kita bisa melihat hubungan kesenian gamelan dengan kebudayaan India dari cara menyanyikannya.

Konon katanya gamelan diciptakan oleh dewa yang menguasai tanah Jawa yaitu Sang Hyang Gurudi istananya yang terletak di gunung Mahendra atau sekarang mungkin anda mengenalnya dengan nama gunung Lawu. Awalnya Sang Hyang Guru hanya menciptakan gong dengan tujuan untuk memanggil para dewa kemudian untuk menyampaikan pesan diciptakan lagi dua gong hingga terciptalah satu set alat musik gamelan. Tapi cerita ini merupakan mitos atau mitologi Jawa sedangkan bukti penggunaan gamelan sebagai alat musik ensembel yang pertama dan terbuat dari logam ditemukan pada relief di candi Borrobudur yang didirikan pada abad ke 8 Masehi.

Pengertian dan Jenis-Jenis Gamelan
Gamelan sendiri merupakan ensembel musik tradisional yang terdiri atas gambang, metafolon, gong dan gendang. Gamelan sebenarnya merupakan satu kesatuan alat-alat musik tersebut yanng dibunyikan secara bersamaan tetapi sekarang ini gamelan disinonimkan dengan gong itu sendiri. Gamelan banyak terdapat di pulau Jawa, Bali, Madura dan Lomok dan terdiri dari 9 jenis yaitu gamelan Jawa, gamelan Sunda, gamelan Semarang , gamelan Bali, gamelan Kromong, gamelan Kutai, gamelan Sasak, gamelan Banjar dan gamelan Banyuwangi. Sekian artikel saya mengenai gamelan ini dan sampai jumpa di artikel-artikel berikutnya.

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit