Monday, May 11, 2015

Alat Musik Tradisional Gambus

Indonesia memang negara yang unik karena banyaknya ragam budaya yang ada di Indonesia dan hal itulah yang menarik mata dunia terhadap Indonesia. Salah satu akibat dari ragam budaya di Indonesia adalah banyaknya alat musik  tradisional yang terdapat di Indonesia karena biasanya satu budaya tertentu di Indonesia bisa mempunyai berbagai macam alat musik tradisionalnya sendiri. Kali ini saya akan membahsa salah satunya yaitu GAMBUS.

Asal Usul Gambus
Asal usul gambus memang belum pernah di teliti tapi diketahui bahwa gambus masuk ke Indonesia dari singgahnya para pedagang yang berasal dari Timur Tengah jadi boleh dikatakan gambus merupakan alat musik yang berasal dari Timur Tengah. Gambus sendiri merupakan sebuah alat musik yang unik karena memiliki 7 senar yang disusun secara diatonis dan menghasilkan suara yang khas dan tergolong alat petik. Gambus sudah dimainkan di Indonesia bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka dan dipopulerkan oleh orkes gambus dibawah pimpinan Syech Albar. Semenjak musik ini mulai masuk ke pesantren-pesantren maka musik ini mulai dikenal sebagai musik Islami hingga saat ini. Tentu saja dalam sebuah orkes gambus bukan hanya gambus saja yang dimainkan tapi juga dilengkapi oleh alat lainnya seperti biola, seruling dan sebagainya. Sekarang ini dikota-kota besar kita mungkin jarangn mendengar musik-musik gambus tapi musik gambus masih sering di pakai di pesantren-pesantren saat ini.

Cara Bermain Gambus
Untuk bisa memainkan gambus maka anda harus mempunyai pengalaman dalam bermusik agar bisa mendapatkan perasaan yang cocok dengan vokal gambus dan menciptakan suatu lagu gambus yang indah didengar. DI indonesia ini sya belum pernah menemukan tempat kursus gambus jadi kemungkinan besar musik ini bertahan secara turun temurun atau lewat latihan-latihan dengan mengikuti sebuah orkes gambus. Cobalah mendengarkan banyak irama musik Timur Tengah dan perhatikan nada iramanya kemudian latihlah dengan alat musik gambus setiap hari untuk mendapatkan ‘feel” nya sama seperti anda berlatih gitar otodidak hanya saja dengan alat musik yang berbeda.
sumber: id.yamaha.com
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit