Tuesday, April 7, 2015

Yuk, Kenali Fakta Air bag Mobil Anda

Air bag atau kantung udara pada bagian-bagian mobil menjadi salah satu pengaman yang sangat penting dalam dunia otomotif saat terjadi kecelakaan. Pastinya air bag  memiliki pengaruh penting untuk melindungi Anda dari kecelakaan maut. Namun, pastinya perlindaungan tersebut akan berfungsi dengan baik jika kita mengikuti aturan-aturan yang sudah tertera.
Banyak yang menyangka, bahwa air bag akan berfungsi kapan saja di saat kecelakaan terjadi tanpa ada aturan-atauran yang berlaku, padahal hal ini tidak berlaku lho! Nah, agar air bag Anda bekerja dengan baik kenali dulu yuk beberapa fakta air bag berikut ini :


Kantung air bag terbuat dari nylon tipis dan di tanam di dalam setir kemudi atau dashboard. Namun ada juga yang menaruhnya di kursi bahkan pintu.
Air bag memiliki esensor yang akan memberikan sinyal kepada kantung untuk mengembang. Kantung akan berkembang apabila terjadi gaya tubruk dan menabrak dinding dalam kecepatan 16-24 km/jam. Cara kerjanya kontak mekanik adanya perubahan massa akan memberikan elektrikal contact, yang selanjutnya akan menginformasikan sensor bahwa telah terjadi tabrakan. sensor mendapatinformasi tersebut dari accelerometer yang ditanam dalam sebuah microchip.
Sistem pemompaan air bag adalah reaksi dari sodium azide (NaN3) dengan potassium nitrate (KNO3) untuk memproduksi gas nitrogen. Ledakan panas dari nitrogen tersebut memompa kantung udara.

Air bag tidak akan bekerja maksimal jika Anda tidak menggunakan seatbelt. Nah, ini salah satu hal yang banyak diabaikan oleh setiap pengemudi mobil bahwa banyak yang menyangka air bag akan tetap berfungsi walau tidak menggunakan seatbealt. Untuk menjaga keselamatan Anda, maka gunakanlah seatbealt sebagai pengamanan pertama jika terjadi kecelakan.
Sudah tahukan bagaimana fakta air bag saat bekerja? Jadi jangan abaikan tentang petunjuk keselamatan berkendara yang sudah berlaku. Pastinya pecinta otomotif akan tetap mematuhi aturan berlalu lintas demi keselamatan berkendara. Yuk, patuhi aturan berlalu lintas dari sekarang demi keselamatan kita dan pengguna jalan raya lainnya! Semoga bermanfaat ☺
Sumber: http://www.otopedia.com
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit