Sunday, April 19, 2015

Berkendara saat Musim Hujan? Siapa takut!

Musim hujan sudah tiba, tentunya pecinta otomotif harus tetap berhati-hati di jalan agar selamat sampai tujuan bukan? Nah, berkendara saat musim hujan Anda juga diharuskan untuk meningkatkan konsentrasi penuh saat melakukan perjalanan. Hal tersebut dikarenakan, berkendara di musim hujan kita harus lebih waspada karena keadaan jalan yang kurang baik, seperti adanya genangan air, banyaknya lubang, dan kendala lainnya.


Dengan adanya mobil, tentunya Anda tidak akan kebasahan untuk sampai tujuan. Namun, sebelum melakukan perjalan di musim hujan seperti ini, yuk cek beberapa tips berkendara saat hujan berikut ini :
Periksalah ban mobil dengan teratur, seperti memeriksa tekanan udara dan kedalaman tapak ban. Hal ini dilakukan agar Anda terhindar dari tergelincir saat hujan turun ataupun saat setelah hujan turun.
Agar terhindari dari kejadian tergelincir, karena jalanan yang licin dianjurkan untuk mengendarai mobil kesayangan dengan kecepatan sedang. Hal ini juga berguna agar saat mengerem tidak mendadak dan tergelincir.

Jika mengalami tergelincir saat mengemudi, jangan menginjak rem mendadak atau menginjak rem berulang-ulang bagi mobil yang dilengkapi ABS. Sebaiknya injak rem dengan hati-hati dan tentunya dengan tekanan yang tepat.

Selalu melakukan jaga jarak dengan mobil di depan, terlebih saat musim hujan. Sebaiknya jaga jarak mobil dua mobil di depan mobil yang Anda kendarai. Hal ini dilakukan agar mobil tidak beradu saat pengereman mendadak dan menghindari tergelincir.
 Jika terjadi banjir dan ban mobil terangkat, maka kurangi gas dan lajukan mobil secara melambat dan rasakan mobil menyentuh tanah kembali. Yang paling penting adalah ikuti laju mobil yang ada di depan mobil Anda.

Ada baiknya Anda berhentu atau tidak melanjutkan perjalanan jika hujan cukup deras, hal ini dikarenakan wiper tidak akan bekerja dengan sempurna dan air hujan bisa saja menutup kaca mobil kesayangan. Sebaiknya berhentilah pada rest area atau tempat aman lainnya, jika sudah sedikit reda maka lakukanlah perjalanan kembali dengan hati-hati.

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit