Wednesday, November 5, 2014

Seni Kontemporer, Tetap Populer di Ruang Pamer

Karya seni kontemporer merupakan perwujudan seni rupa yang bertemu dengan teknologi. Perkembangan paradigma dalam dunia seni menuntut pula perkembangan kekinian yang harus memenuhi ruang tampil yang lebih luas. Sehingga eksistensi seni menjadi langgeng dan dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

 Seni kontemporer juga menjadi wujud dari adaptasi karya batin dan karya pikir. Artinya bentuk-bentuk karya seni kontemporer bisa diwujudkan melalui berbagai media yang memang merujuk pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Misalnya fotografi, seni instalasi, dan bentuk karya seni lainnya yang direalisasikan dengan berbagai kombinasi teknologi masa kini.


 Kepopuleran seni kontemporer menjadi suatu hal yang wajar, karena konteks media tampilnya lebih dikenal dan mendapat respon positif serta menarik perhatian masyarakat untuk mengetahuinya. Apalagi bila sempat ditampilkan dalam suatu pameran atau galeri seni. Dimana saat ini hasil karyanya yang ditampilkan bukan hanya melulu menampilkan seni lukis saja.

 Ruang-ruang pamer atau galeri kontemporer juga menampilkan berbagai aliran seni kontemporer termasuk di dalamnya seni instalasi, seni fotografi, serta berbagai karya seni dua dimensi lainnya. Beberapa galeri lukisan saat ini juga tak hanya menyajikan karya seni lukis dan seni rupa saja, bahkan seniman-seniman tersebut saling berlomba memunculkan karya terbaiknya agar tetap populer.

 Cukup wajar, bila seni kontemporer berusaha menggebrak masyarakat untuk mulai mengenal seni dan eksistensinya di tengah era globalisasi teknologi mutakhir. Tujuannya tak lain, agar manusia mampu menyelaraskan hidup, sebab itulah filosofi kehadiran seni yang sebenarnya dalam kehidupan manusia.
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit