Wednesday, November 26, 2014

Peran Vital Software Engineer dalam Pengembangan Bisnis

Saat ini, hampir semua perusahaan baik skala besar, menengah, hingga perusahaan kecil sangat membutuhkan kehadiran sistem informasi. Dengan hadirnya sistem informasi terbukti dapat memudahkan dan memperlancar urusan. Karena itulah, Software Engineer atau para pencipta software mempunyai peluang yang besar untuk sukses di dunia bisnis tersebut.


Sistem Informasi merupakan kombinasi antara teknologi informasi dengan aktivitas user sebagai pengguna teknologi tersebut, dengan tujuan untuk mendukung operasional dan manajemen suatu perusahaan. Melalui sistem informasi, semua hal yang berkaitan dengan teknis operasional perusahaan dapat dijalankan secara mudah dan murah, sehingga menghasilkan kinerja organisasi yang efektif dan efisien. Maka, dapat dipastikan bahwa semua organisasi atau perusahaan akan membutuhkannya.

Bila membicarakan suatu perusahaan, maka akan terkait pula dengan bisnis dan profit. Saat itulah manajemen menjadi penting, karena dengan manajemen yang baik, akan berpengaruh signifikan terhadap profit bagi perusahaan. Gambaran tersebut menunjukkan adanya peluang yang sangat besar dari Pengembangan Sistem Informasi dalam mendukung manajemen dan operasional suatu perusahaan.

Seiring dengan kebutuhan pengembangan Teknologi Informasi itulah, maka profesi Software Engineer juga dituntut untuk memunculkan inovasi-inovasi dalam penerapannya ke berbagai teknologi yang ada. Seperti misalnya software untuk pelayanan, sistem antrian, stock counting, dan lain sebagainya. Berbagai jenis software itupun akan sesuai digunakan pada organisasi atau perusahaan tertentu pula, seperti di pabrik, hotel, supermarket atau rumah sakit yang masing-masing membutuhkan software yang berbeda.

Karena itulah peran software engineer yang biasanya bergabung dalam suatu perusahaan property management software tertentu, menjadi sangat dibutuhkan. Apalagi untuk membuat sebuah sistem informasi, sangatlah diperlukan requirement atau keperluan yang diminta dari klien. Dan itulah hal yang sangat mendasar dan patut dipahami atas peran seorang Software Engineer.

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit