Tuesday, November 11, 2014

Mengenal Arti Warna dalam Dunia Seni Rupa

Warna merupakan unsur yang sangat penting dalam dunia seni rupa dan desain grafis. Warna memegang peranan yang sangat penting, karena warna memiliki arti atau makna filosofis. Maka pengertian tentang arti warna menjadi sangat diperlukan bagi mereka yang ingin berkecimpung di dunia seni atau desain, agar tidak salah saat harus menerapkan warna pada suatu hasil karya.

 Secara sains, warna adalah sebuah spektrum tertentu yang terdapat di dalam cahaya yang sempurna atau putih. Sedangkan dalam dunia desain dan seni rupa, warna bisa berarti pantulan tertentu dari cahaya yang dipengaruhi oleh pigmen yang terdapat di permukaan benda. Dan setiap warna memiliki makna tersendiri yang biasanya didapatkan dari pengalaman spiritual seseorang saat diwujudkan dalam suatu karya.

 Dalam setiap karya seni rupa, galeri menjadi satu tempat yang tepat untuk memamerkannya. Sebab di situlah karya seni mendapatkan penghargaan dari para penikmatnya. Mengingat begitu pentingnya warna, maka berikut adalah makna warna-warna dalam suatu karya seni rupa ataupun desain grafis :
 KUNING identik dengan Matahari yang bermakna Cahaya, Kejayaan dan Keluhuran Budi.
 MERAH identik dengan Api, mempunyai makna Semangat dan Keberanian, Bahaya, Keamanan, Waspada.

 BIRU identik dengan Langit mengandung makna Kejujuran, ketekunan, dan pandangan yang luas, kedamaian, ketenangan, kepercayaan kepada diri sendiri, keseimbangan, semangat batin.
 HIJAU identik dengan Uang, yang berarti Keberuntungan, Menarik Perhatian, Keindahan, Menyejukkan

 PUTIH identik dengan Lambang Kesucian dan Kejujuran, Kesopanan
 ORANYE identik dengan optimisme dan dinamika
 HITAM identik dengan wibawa, Elegan dan Maskulinitas
 Maka, seringkali orang bertanya : apakah warna favoritmu? Biasanya mereka tidak bisa menjawabnya dengan cepat, karena terkadang suatu warna melambangkan suasana hati tertentu. Karena itulah, keserasian perpaduan berbagai warna juga menjadi penentu sejauh mana suatu karya seni dapat dimaknai sebagai suatu hasil karya yang bernilai tinggi.
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit