Saturday, August 23, 2014

Inilah profile pendiri Mazda


Mazda merupakan salah satu merek mobil terkenal di dunia, mobil asal Jepang ini dikenal di berbagai negara sebagai mobil yang cukup ekslusif serta handal di jalan raya. Banyak produk-produk Mazda yang sangat di kenal di Indonesia seperti mobil sedan mazda astina sampai mobil keren Mazda 2 terbaru.

Untuk mobil MPV mewah mazda biante lah jagoannya yang saat ini menyaingi mobil Toyota Alphard. Siapa tahu bahwa pendiri perusahaan asal jepang tersebut berasal dari keluarga miskin, bahkan pada awalnya perusahaan ini bukanlah perusahaan mobil melainkan hanya memproduksi tutup botol bernama Toyo Cork Kogyo.

Jujiro Marsuda adalah seorang pendiri Mazda , dia mengambil nama Mazda dari nama dewa Zoroaster, Ahura Mazda. Jujiro Marsuda seorang pekerja keras yang cerdas membangun perusahaan Mazda di kota Hiroshima. Walau ia anak seorang nelayan yang miskin tidak membuatnya tak mampu bersaing dengan yang lain, ia pernah menjadi seorang pandai besi yang akhirnya mulai mendirikan Mazda pada tahun 1921.

Kendaraan pertama mazda adalah Mazda-Go, perusahaan pun terus berkembang bahkan Mazda telah menjadikan Hiroshima sebagai pusat industri senjata. Pada perang dunia ke-2 kota Hiroshima di bom oleh sekutu yang membuat keluarga dan banyak karyawannya tewas. Namun Jujiro selamat dan mulai bangkit lagi membangun kota Hiroshima.

Pada tahun 1984, Toyo Kogyo resmi beralih nama menjadi Mazda.

referensi: http://en.wikipedia.org/wiki/Jujiro_Matsuda
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit