Monday, June 9, 2014

Sesuaikan tipe ban motor Anda

Indonesia merupakan negara trofis yang memiliki dua musim yaitu hujan dan kemarau, hal ini mempengaruhi warganya dalam hal memilih ban motor yang cocok dalam perjalanan sehari-hari karena bagaimanapun keselamatan dan kenyamaman berkendara harus di utamakan.

Ada tiga jenis ban motor secara umum yaitu tipe wet, dry, dan tipe wet dry. Umumnya di Indonesia sebagian besar para pemotor menggunakan tipe wet dry karena cocok dipakai pada saat musim hujan maupun kemarau. Pada tipe ban ini memiliki alur/drat yang tidak terlalu banyak sehingga bisa menyesuaikan saat musim hujan maupun sebaliknya.


Berikut cara/tips memilih ban motor yang baik dan cocok untuk motor Anda, silahkan lihat juga spesifikasi ban.

Tipe basah/wet, merupakan ban yang memiliki alur/drat cukup banyak karena alur tersebut akan memudahkan air mengalir saat ban berputar. Jika setiap Anda pergi lebih sering ke daerah basah lebih cocok memakai tipe ini dan jangan lupa pada saat ban gundul untuk segera menggantinya karena bisa berbahaya disaat jalan licin.

Tipe kering/dry, merupakan ban yang memiliki alur/drat sedikit bahkan banyak juga yang tidak memiliki alur sama sekali seperti yang sering kita lihat pada motor besar seperti Kawasaki Ninza dan lain-lain. Tipe ini cocok di jalanan kering tetapi sebaliknya berbahaya ketika hujan untuk tidak melajukan kendaraan dengan kecepatan tinggi karena berbahaya pada saat berbelok.

Tipe wet dry, sesuai yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya bahwa tipe ini paling cocok di Indonesia karena bisa dipakai saat hujan maupun jalanan kering. Biasanya ban tipe ini dipakai di motor bebek.


Cara membaca spesifikasi ban motor 
Ban ukuran 2.50-17 mempunyai arti sbb:

  1. Lebar tapak ban (Normal Section Width) adalah 2.50 inch,
  2. Ukuran diameter velg (Rim Diameter) adalah 17 inch,
  3. apabila setelah nilai 2.50 siikuti dengan garis miring dengan nilai lainya semisal 2.50/60, maka tebal atau rasio tinggi ban adalah 60% dari tapak ban = 60% x 2.50 inch.
Ban ukuran 100/90-18 mempunyai arti sbb:

  1. Lebar tapak ban (Normal Section Width) adalah 100mm,
  2. Ukuran diameter velg (Rim Diameter) adalah 18 inch,
  3. Rasio tebal/tinggi ban (Aspect Ratio) adalah 90% dari lebar tapak ban atau 90% x 100mm = 90mm.

Maksimum Beban dan Kecepatan (Service Description)

Beban maksimal dan kecepatan biasanya ditulis menjadi satu di dalam tanda dalam kurung, misal “(73W)”. Angka “73” meripakan indeks beban (Load Index) dan Huruf “W” merupakan simbol kecepatanya (Speed Symbol). Untuk mengartikan simbol dan indeks diatas dapat dilihat dari tabel berikut ini:
Tabel Kecepatan:

Speed Symbol Speed (km/hr) Speed Symbol Speed (km/hr)
K 110 S 180
L 120 T 190
M 130 U 200
N 140 V 210


Sebagian tulisan ini berasal dari sumber: usahe-jendral.blogspot.com

Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

3 comments

Artikel yang bagus gan, jangan lupa Kunjungin Balik yah Gan di BIG_COMPUTERdan bagi temen-temen yang pengen cari tugas sekolah, makalah, karya ilmiah, karya tulis dan artikel menarik lainya jagan lupa juga berkunjung yah di BIG_COMPUTER

Artikel yang bagus gan, jangan lupa Kunjungin Balik yah Gan di BIG_COMPUTERdan bagi temen-temen yang pengen cari tugas sekolah, makalah, karya ilmiah, karya tulis dan artikel menarik lainya jagan lupa juga berkunjung yah di BIG_COMPUTER

Artikel yang bagus gan, jangan lupa Kunjungin Balik yah Gan di http://bigkomputer2.blogspot.com dan bagi temen-temen yang pengen cari tugas sekolah, makalah, karya ilmiah, karya tulis dan artikel menarik lainya jagan lupa juga berkunjung yah di http://bigkomputer2.blogspot.com